Category: Karantina

Apakah yang dimaksud Karantina Pertanian ?
“Karantina Pertanian adalah tempat pengasingan dan atau tindakan sebagai upaya pencegahan masuk dan tersebarnya hama  penyakit hewan hama penyakit tumbuhan dari luar negeri dan dari suatu area ke area lain di dalam negeri, atau keluarnya dari dalam wilayah negara Republik Indonesia.


 Apa sajakah yang terkena tindakan Karantina Pertanian ?
Tindakan Karantina Pertanian dikenakan pada MEDIA PEMBAWA Hewan dan Tumbuhan   yaitu; segala Jenis  Hewan Tumbuhan, Bahan Asal Hewan dan Tumbuhan dan HBAH (Hasil Bahan Asal Hewan dan Tumbuhan) yang dimasukkan atau dikirim atau dikeluarkan melalui tempat pemasukan dan pengeluaran yang ditetapkan Pemerintah.

Apa tujuan Karantina  ?
Karantina Pertanian bertujuan:
a.  Mencegah masuknya hama/penyakit hewan karantina, dan  Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina dari luar negeri  ke dalam wilayah negara Republik Indonesia;
b.  Mencegah tersebarnya hama dan penyakit hewan karantina dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina  dari area ke area lain di dalam wilayah negara Republik Indonesia;
c.  Mencegah keluarnya hama dan penyakit hewan karantina dari wilayah negara Republik Indonesia;

PERSYARATAN Karantina  bila memasukkan/ mengirim/ mengeluarkan Media Pembawa melalui Bandara atau Pelabuhan
Setiap media pembawa karantina, yang dimasukkan/dikirim/dikeluarkan ke dalam wilayah negara Republik Indonesia wajib: 
a.     Dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal dan negara transit     
b.     Melalui tempat-tempat pemasukan/pengeluaran yang telah     ditetapkan;
c.     Dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina ditempat-    tempat pemasukan dan pengeluaran untuk keperluan tindakan     karantina (Bandar Udara,Pelabuhan Laut, Pelabuhan Sungai,     PelabuhanPenyeberangan, Kantor Pos dan Pos Perbatasan

Bagaimanakah  prosedur karantina pertanian bila saya akan membawa komoditas pertanian melalui pelabuhan laut atau udara ?
Laporkan komoditas anda 2 hari sebelum keberangkatan ke petugas karantina di bandara atau Kantor Pelayanan terdekat Setiap media pembawa akan diperiksa dan dipastikan terbebas dari hama penyakit hewan atau tumbuhan.

Apakah ada biaya  yang dikenakan untuk jasa karantina ?
Ya ada, biaya jasa karantina adalah  tarif yang dibayarkan setelah tindakan karantina selesai dan dikeluarkan sertifikat kesehatan. Tarif Jasa Karantina yang dibayar berdasarkan  PP No 48 Tahun 2012.  Seluruh biaya akan disetorkan sebagai pendapatan negara. Karantina tidak memungut di luar biaya yang sudah ditentukan.



Berapa lamakah waktu yang diperlukan untuk tindakan karantina ?
Maksimal 14 hari tergantung kepada komoditas hewan atau tumbuhan dan metode pengujian yang akan lakukan. Selain itu apakah komoditas itu berdasarkan ketentuan beresiko menyebarkan penyakit hewan dan organisme pengganggu tumbuhan.  Silakan menghubungi petugas karantina untuk informasi lebih lanjut

Apakah Tindakan Karantina yang dilakukan oleh Petugas  Karantina  terhadap Hewan dan Tumbuhan yang dilalulintaskan ?
Setiap media pembawa hama dan penyakit hewan karantinadan Organisme pengganggu tumbuhan yang dimasukkan, dibawa atau dikirim dari suatu area ke area lain di dalam, dan/atau dikeluarkan dari wilayah negara Republik Indonesia dikenakan tindakan karantina berupa: Pemeriksaan, Pengamatan, Pengasingan, Perlakuan, Penahanan, Penolakan, Pemusnahan, dan Pembebasan (8P)

Apakah Penyakit Hewan  dan Hama Penyakit Tumbuhan itu Berbahaya ?
Penyakit Hewan dan Hama Tumbuhan sangat mengancam kelestarian sumber daya alam flora dan fauna Indonesia. Sebagian besar Penyakit dan Hama itu belum ada di Indonesia. Selain mengancam kelestarian flora dan fauna penyakit hewan dan hama tumbuhan itu bisa berbahaya bagi manusia (zoonosis)

Apakah contoh Hama penyakit tumbuhan  yang berbahaya ?
Sebagian besar  hama penyakit tumbuhan berbahaya bagi kelangsungan pertanin Indonesia terutama untuk ancaman tanaman pangan dan hortikultura: 
– Lalat Buah , kumbang kapra dan lain lain

Apakah contoh Penyakit Hewan  yang berbahaya bagi manusia ?
Sebagian besar  Penyakit Hewan  bisa berbahaya bagi manusia (zoonosis)  Diantaranya adalah : 
Rabies yang disebabkan oleh virus rabies yang ditularkan melalu gigitan hewan sebangsa anjing dan hewan pengerat,
Sapi Gila (Mad Cow),  Penyakit Mulut dan Kuku, Anthrax , Flu Burung (Avian Influenza) dan yang sekarang sedang merebak yaitu Flu Babi (Swine Influenza).
Seluruh penyakit hewan ini bila sudah masuk dan menyebar ke wilayah RI akan sulit untuk diberantas dan membutuhkan waktu lama dan biaya yang besar. Membutuhkan waktu 100 tahun untuk menyatakan Indonesia Bebas dari PMK

Dimana saya bisa menghubungi petugas karantina  ?
 
Anda bisa memperoleh informasi kontak di Halaman Kontak

Translate
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia