Larantuka- Sambiloto dan kumis kucing merupakan jenis tanaman yang banyak manfaatnya terutama sebagai tanaman obat. Karena kaya manfaat, banyak masyarakat yang mengkonsumsinya untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak heran jika permintaan akan tanaman ini semakin meningkat dari hari ke hari.

Jumat (19/02), sebanyak dua belas kilogram daun sambiloto serta delapan kilogram daun kumis kucing dikirim menuju Denpasar dari Adonara melalui Bandar Udara Gewayantana, Larantuka. Komoditas pertanian ini dilaporkan ke pejabat karantina untuk dilakukan pemeriksaan.

Untuk memastikan setiap produk pertanian aman dan sehat pejabat Karantina Pertanian Ende Wilayah Kerja Larantuka melakukan pemeriksaan fisik terhadap komoditas tersebut. Setelah dinyatakan sehat dan layak maka dilakukan pembebasan dengan menerbitkan sertifikat kesehatan antar area (KT-12).

“Kami pastikan bahwa daun sambiloto dan daun daun kumis kucing ini bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan layak untuk dilalulintaskan menuju Denpasar,” ungkap Maria Darmayanti selaku pejabat Karantina Pertanian Ende Wilker Larantuka.