Unit Pelayanan Publik (UPP) di Lingkup Badan Karantina Pertanian merupakan unit kerja non struktural yang melakukan kegiatan penyelengaraan pelayanan publik di lingkungan Badan Karantina Pertanian. Tugas UPP adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat atau badan hukum atas permintaan informasi, konsultasi, dan pelaksanaan pelayanan publik yang berada pada ruang lingkupnya.

Sedangkan ruang lingkup UPP Daerah disesuaikan dengan masing-masing Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Badan Karantina Pertanian.

Asas Pelayanan UPP

Akuntabilitas. Dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Partisipatif. Mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan memperhatikan aspirasi , kebutuhan dan harapan masyarakat.

Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Pemberi dan penerima pelayanan publik harus memenuhi hak dan kewajiban masing-masing pihak sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Langkah 1

Pemohon informasi harus menuliskan jenis informasi yang diinginkan pada form yang tersedia yaitu Form PPID untuk perorangan atau Form PPID Lembaga untuk badan hukum/badan publik/kelompok.

Langkah 3

Pemohon informasi harus meminta tanda bukti kepada PPID bahwa telah melakukan permintaan informasi, serta nomor pendaftaran.

Langkah 5

Setelah waktu yang ditentukan pemohon menerima informasi.

Langkah 7

Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Pertanian merujuk pada Permentan Nomor: 32/Permentan/OT.140/5/2011

Translate
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia