Labuan Bajo – Anggur merupakan buah yang memiliki rasa nikmat serta kandungan buahnya bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Pejabat Karantina Pertanian Ende melalui Wilayah Kerja Labuan Bajo melakukan pemeriksaan terhadap 25 batang bibit anggur tujuan Yogyakarta, Sabtu (27/2).

Adi Irawan merupakan petani asal Labuan Bajo yang telah berhasil membudidayakan tanaman anggur. Berbagai varietas anggur seperti kurazh, taldun, dan alvika berhasil beliau bibitkan.

“Selain bertani anggur secara langsung, petani disini juga menyediakan berbagai macam varietas bibit anggur yang telah dikirim keberbagai daerah di nusantara. Sebelum dilakukan pengiriman, terlebih dahulu kami lakukan pemeriksaan kesehatan secara fisik, setelah dinyatakan sehat kami terbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan antar area (KT-12),” ungkap Omi Warsih, Pejabat Karantina Pertanian Ende sesaat setelah melakukan pemeriksaan di tempat pembibitan anggur.

Tanaman anggur memiliki prospek yang menjanjikan karena tidak hanya dalam bentuk buahnya saja yang bernilai, tetapi bibitnya pun memiliki nilai jual. Karantina Pertanian Ende berharap para petani di Flores mampu membudidayakan tanaman tersebut, sehingga mampu mencukupi kebutuhan di Flores bahkan kebutuhan nasional.