5 Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil Paling Menjanjikan

Setiap jurusan di perguruan tinggi memiliki prospek kerja yang bisa diambil lulusannya, tak terkecuali di jurusan teknik sipil. Kira-kira, apa saja, sih, prospek kerja yang ada setelah lulus? Tentunya, prospek kerja adalah salah satu hal yang paling penting dalam meyakinkan kita mengenai jurusan kuliah, ya. Jangan khawatir, jurusan teknik sipil sangat bagus, kok!

Ada banyak peluang karier yang pastinya menarik bagi kamu calon sarjana teknik sipil di luar sana. Gajinya pun cukup besar. Yuk, langsung saja simak beberapa di antaranya yang sudah Glints rangkum dalam artikel ini.

Apa itu Teknik Sipil?

Teknik Sipil adalah cabang teknik yang berkaitan dengan desain, konstruksi, dan pemeliharaan lingkungan, termasuk struktur seperti gedung, jalan, jembatan, dan sistem air dan pembuangan limbah. Teknik Sipil menggunakan pengetahuan teknis dan keterampilan pemecahan masalah mereka untuk merancang, membangun, dan mengelola proyek infrastruktur yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

Teknik Sipil telah ada selama ribuan tahun dan telah memainkan peran penting dalam perkembangan peradaban. Teknik Sipil bertanggung jawab keluaran sgp hari ini untuk merancang dan membangun banyak sistem dan struktur penting yang mendukung masyarakat modern. Mereka mengerjakan berbagai proyek, mulai dari proyek infrastruktur skala besar seperti jalan raya, bandara, dan fasilitas pengolahan air, hingga proyek skala kecil seperti bangunan perumahan dan komersial. Prospek kerja teknik sipil terus berkembang dan beradaptasi dengan teknologi baru, material, dan kebutuhan masyarakat, menjadikannya bidang yang menarik dan dinamis untuk dikerjakan.

1. Perencana Struktur

Pekerjaan teknik sipil yang selanjutnya adalah sebagai perencana struktur yang bertugas untuk menyusun perencanaan struktur bangunan yang akan mereka kerjakan. Profesi ini bisa mendapat penawaran gaji kurang lebih Rp 7 juta. Cukup menggiurkan kan?

2. Konsultan Konstruksi Bangunan

Pekerjaan teknik sipil yang pertama adalah bekerja menjadi konsultan konstruksi bangunan. Pada pekerjaan ini tentunya sebagai lulusan teknik sipil, kamu bisa mengambil peran sebagai Project Manager yang tugasnya bisa mengawasi dan manajemen konstruksi yang sedang berjalan, mengatur budget pembangunan, juga melihat potensi resiko yang bisa terjadi dengan pembangunan yang berlangsung.

3. Manajer Konstruksi

Buat kamu yang punya jiwa pemimpin tinggi serta mampu memecahkan masalah dengan baik, pekerjaan teknik sipil sebagai manajer konstruksi patut kamu pertimbangkan.

Sebagai manajer, tentu tanggung jawabnya akan lebih besar dan lebih banyak tuntutan. Kamu akan bekerja sama erat dengan arsitek, surveyor, dan bagian perencanaan dan implementasi lainnya. Kamu bertugas untuk mengawasi dan memberikan pengarahan, juga memastikan semua anggota tim bekerja sesuai dengan rencana sesuai kesepakatan bersama.

4. Insinyur Air

Hmm.. pasti kamu bingung kan dengar pekerjaan teknik sipil yang satu ini? Memang terdengar unik banget guys bekerja menjadi insinyur air. Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang senang dengan berbagai tantangan terkait dengan masalah global warming, infrastruktur, standar hidup, kualitas khususnya di bidang perairan.

Proyek yang akan kamu kerjakan misalnya saja ketentuan air bersih, pembuangan limbah air, dan pencegahan bahaya banjir. Yang jelas pekerjaan utamamu adalah untuk manajemen aset. Contohnya, perbaikan serta menjaga struktur bangunan yang mengontrol sumber air, seperti tanggul laut.

5. Kontraktor Insinyur Sipil

Pekerjaan teknik sipil yang berikutnya adalah menjadi kontraktor insinyur sipil. Tugasmu nanti adalah mengubah rencana yang sudah dibuat oleh seorang konsultan menjadi kenyataan. Nantinya, biarkan konsultan dan klienmu yang melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan serta menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

Tugasmu nanti mengharuskan kamu untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. Kamu juga bisa bertugas untuk membuat perencaanmu sendiri.

Tulisan ini dipublikasikan di Jurusan, Universitas dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *